Monday, October 25, 2021

ALFI Sambuat Baik Kolaborasi Strategis Ekosistem Logistik

BANDA ACEH – Asosiasi Logistik dan Forwader Indonesia (ALFI) Aceh menyambut baik kolaborasi strategis ekosistem logistik untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maririm dunia yang melibatkan ALFI di dalamnya.

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pertimbangan ALFI Aceh, H Firmandez, Sabtu, 29 Mei 2021, menanggapi ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) antara Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dengan PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) pada 27 Mei 2021 di Wisma Baja, Jakarta.

Selain dengan BPKS, KBS juga menjalin kolaborasi dengan Indonesian National Shipowners’ Association (INSA), Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI), dan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).

Menurut H Firmandez, butuh sinergitas para pihak untuk memaksimalkan pemanfaatn potensi maritime Indonesia dalam pelayaran dan perdagangan internasional. Kerja sama BPKS dengan KBS merupakan langkah strategis untuk menciptakan konektivitas pelabuhan di Indpnesia.

“Kita sambut baik hal ini, karena potensi maritime Indonesia sangat besar, Kementerian Perdagangan merilis ada potensi sekitar Rp78 ribu triliun barang perdagangan dunia yang melewati Indonesia, atau sekitar 40 persen dari total perdagangan dunia,” jelas mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh tersebut.

Karena itu tambah H Firmandez, potensi strategis Indonesia dalam jalur lalu lintas internasional harus dimanfaatkan dengan baik. Kolaborasi dengan semua pihak harus dilakukan untuk memaksimalkan potensi maritime agar bisa memacu pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dengan kolaborasi ini kita berharap potensi maritime Indonesia dapat tergarap dengan baik dan maksimal, serta kedaulatan kemaritiman Indonesia dapat lebih terjaga untuk masa depan bangsa,” pungkas H Firmandez yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) itu.[]

“Kami dari holding sangat mendukung apa yang dilakukan oleh KBS untuk pengembangan usaha dan dalam rangka berkontribusi bagi ekosistem logistik nasional. Kami juga mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Kemenko Marves, BPKS, INSA, ABUPI, dan ALFI yang juga turut serta dalam kolaborasi ini,” ucap Silmy.
Sebagai informasi, penandatanganan MoU antara PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) dengan Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) dilakukan pada 27 Mei 2021 di Wisma Baja, Jakarta.

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here