Thursday, May 19, 2022

Ardindo: LIN Harus Jamin Mutu Ekspor Perikanan Indonesia

JAKARTA – Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (Ardindo) mendukung rencana pemerintah membangun Lumbung Ikan Nasional (LIN) di Maluku. LIN diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan mutu ekspor produk perikanan Indonesia.

Dukungan itu disampaikan Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ardindo, H Firmandez, Sabtu, 8 Mei 2020. Menurutnya Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor produk perikanan terbesar di dunia, dengan total ekspor produk perikanan tahun 2020 mencapai 5,2 miliar dolar AS, di mana 4,84 miliar dolar AS berasal dari ikan konsumsi.

“Jadi kita berharap LIN nantinya bisa terus mengenjot ekspor produk perikanan yang berkualitas, karena perikanan merupakan salah satu potensi sumber daya alam unggulan nasional,” ujar H Firmandez.

H Firmandez yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) ini menambahkan, pembangunan LIN di Maluku tersebut harus didukung dengan berbagai infrastruktur pendukung seperti pelabuhan perikanan terpadu, kawasan industri perikanan, galangan kapal, gudang es (cold storage) dan pabrik es, gedung laboratorium, tempat pemasaran ikan modern, kantor pelabuhan perikanan, pusat kuliner hingga bandara internasional yang mampu membawa hasil tangkap produk perikanan Indonesia ke pasar internasional.

“Yang paling penting juga dengan dibangunnya LIN ini nantinya akan meningkatkan kesejahteraan nelayan lokal. Keberadaan LIN juga harus mampu mengangkat kualitas nelayan, serta kalau bisa juga menyediakan jaminan asuransi bagi para nelayan,” tambah H Firmandez.

Selain itu, keberadaan LIN juga diyakini akan meningkatlan penerimaan negara dari sektor perikanan. Karena itu pembangunan LIN Maluku harus dilakukan dengan perencanaan dan strategi yang tepat. “Kehadiran LIN Maluku diharapkan bisa menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Timur Indonesia,” pungkas H Firmandez.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here