Wednesday, December 1, 2021

Ardindo Sambut Baik Rencana Kemenhub Bangun 1.301 Pelabuhan

JAKARTA — Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (Ardindo) menyambut baik rencana Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membangun 1.301 pelabuhan.

Dukungan itu disampaikan Wakil Ketua DPP Ardindo, H Firmandez, Selasa, 2 Maret 2021. Mantan anggota Komisi V DPR RI yang membidangi urusan infrastruktur dan perhubungan ini mengatakan, keberadaan pelabuhan yang refresentatif di berbagai daerah sangat penting untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi.

“Pelabuhan merupakan gerbang perdagangan regional dan global. Pelabuhan yang kompatibel dengan dunia bisnis akan mendorong meningkatkan investasi,” jelas H Firmandez.

Meski demikian, kata mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh tiga periode ini berharap, pembangunan pelabuhan-pelabuhan di berbagai daerah oleh Kementerian Perhubungan juga harus dibarengi dengan tersedianya infrastruktur yang memadai, sehingga aktivitas di pelabuhan hidup, dan menjadi penghela pertumbuhan ekonomi sekitar pelabuhan.

“Setelah dibangun, pelabuhan-pelabuhan itu perlu dilengkapi infrastrukturnya, sehingga sistem operasional pelabuhan aman dan nyaman, serta kompatibel dengan dunia bisnis,” tambah Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) tersebut.

H Firmandez yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Aceh ini menambahkan, pembangunan pelabuhan nasional harus diarahkan untuk mendorong investasi, untuk itu Kementerian Perhubungan harus merangkut berbagai pihak, terutama para pemangku kepentingan untuk saling bersinergi, agar sebanyak apa pun pelabuhan yang dibangun bisa bergeliat.

“Peran pelabuhan sangat penting, perlu sinergitas antara pemangku kepentingan, sehingga bisnis di pelabuhan bisa berjalan dengan baik. Jadi kita sangat mendukung program Kementerian Perhubungan membangun 1.301 pelabuhan,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada webinar nasional dalam rangka HUT ke-6 Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (ABUPI), Sabtu, 20 Februari 2021 mengungkapkan pemerintah berencana membangun 1.301 pelabuhan.

Katanya, Berdasarkan Rencana Induk Pelabuhan Nasional, saat ini terdapat 636 pelabuhan yang digunakan untuk melayani angkutan laut, ada 57 terminal yang merupakan bagian dari pelabuhan, dan 1.301 rencana lokasi pelabuhan.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here