Thursday, May 19, 2022

Aspperda: Beri Kesempatan Pengusaha Daerah Suplai Kebutuhan PLN

JAKARTA – Pemerintah diminta untuk memberi kesempatan kepada pengusaha daerah memenuhi pasokan batubara untuk kebutuha PLN dengan harga yang sesuai, pembayaran yang tidak terlalu lama, serta birokrasi yang dipermudah.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekdjen) Asosiasi Perusahaan Pertambangan Daerah (Aspperda) H Firmandez, Kamis, 6 Januari 2022. Menurutnya, para pengusaha pertambangan batubara di daerah juga perlu didorong berpartisipasi dalam memasok kebutuhan PLN, sehingga ekspor batubara juga bisa dilakukan.

“Perlu diberi kesempatan kepada pengusaha daerah untuk suplay kebutuhan PLN, tentunya dengan harga yang sesuai, birokrasi yang mudah, dan pembayarannya tidak terlalu lama, agar pengusaha daerah juga bisa hidup dan ekspor bisa dilakukan,” ujar H Firmandez.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (Ardindo) ini menambahkan, pasokan batubara untuk kebutuhan PLN harus tetap terjaga demi melindungi kebutuhan dan ketahanan energi nasional.

Selain itu kata H Firmandez, untuk menjaga pasokan batubara ke PLN juga perlu adanya komitmen antara pemerintah dengan pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan pemilik Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

“Dengan keterlibatan pengusaha-pengusaha di daerah, bisa membantu suplay kebutuhan PLN aman untuk jangka panjang. Di sisi lain kepentingan pengusaha di daerah juga terlindungi,” tambahnya.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here