Monday, November 28, 2022

Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser Pindah ke Aceh

WOINEWS.ID, BANDA ACEH – Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi meresmikan pemindahan kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) ke Banda Aceh. Sebelumnya BBTNGL berkantor di Medan, Sumatera Utara. Perersmian perpindahan kantor tersebut dilakukan Selasa 16 Februari 2021 di Banda Aceh.

Dedi Mulyadi berharap pemindahan kantor BBTNGL ke Banda Aceh dapat berperan besar dalam menangani isu-isu strategis di wilayah konservasi Gunung Leuser, serta dapat menjaga kelestarian Gunung Leuser sebagai paru-paru dunia.

“Kita harus saling bersinergi dalam menjaga gunung Leuser yang menjadi kekayaan kita. Tugas kita dan BBTNGL untuk menjaga Gunung Leuser dari keserakahan manusia,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Aceh yang diwakili oleh Asisten Ekonomi Provinsi Aceh, Mawardi mengatakan dengan kehadiran kantor BBTNGL di Provinsi Aceh, dapat saling bersinergi menyusul kebijakan pelestarian ekosisitem Leuser untuk keberlangsungan TNGL sebagai paru-paru dunia.

Ia menjelaskan, dalam menjaga Gunung Leuser Pemerintah Aceh telah menetapkan beberapa kebijakan untuk menyelamatkan kawan gunung leuser, mulai dari perekrutan tenaga pengamanan hutan 2.000 ribu orang, penetapan Qanun No. 11 tahun 2019 tentang pengelolalaan satwa liar, perekrutan tim terpadu pencegahan dan kerusakan kawan hutan serta berberapa kebijakaan lainnya.

“Pemerintah Aceh mengucapakan selamat atas perpindahan BBTNGL dari Provinsi Sumatera Utara ke Provinsi Aceh dan kami Pemerintah Aceh berterima kasih kepada Komisi IV DPR RI serta berbagai pihak yang telah mendukung kelancaran proses perpindahan kantorini. Semoga dengan adanya kantor ini kita dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kawasan konservasi, serta dapat menjaga gunung Leuser dari kerusakan,” jelasnya.

Mawardi menambahkan, sejak lahirnya Undang-Undang Pemerintahan Aceh (UUPA) pengelolaan kawasan TNGL menjadi kewenangan Pemerintah Aceh. Berbagai kebijakan terkait perlindungan TNGL tidak lagi berada di bawah kendali Pemerintah pusat, melainkan tanggungjawab Pemerintah Aceh.
Persmian perpindahan kantor tersebut turut dihadiri Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK Wiratno, Anggota DPR RI asal Aceh yang juga anggota Komisi IV DPR RI TA Khalid, Asisten Ekonomi provinsi Aceh Mawardi, Kepala dinas Kelingkungan dan Kehutanan Aceh A Hanan, serta para pejabat Forkopimda Aceh.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here