Saturday, November 26, 2022

Catat Nilai Ekspor Tertinggi Sepanjang Sejarah, HIPSI Apresiasi Menteri Perdagangan

JAKARTA – Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) mengapresiasi Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi yang berhasil mencatat nilai ekspor tertinggi sepanjang sejarah pada Maret 2021 ini. Nilai ekspor Indonesia pada Maret 2021 sebesar US$ 18,35 miliar. Angka tersebut terdiri dari ekspor minyak dan gas sebesar US$ 0,91 miliar dan ekspor non migas sebesar US$ 17,45 miliar.

Apresiasi itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) HIPSI, H Firmandez, Sabtu, 18 Maret 2021. Menurutnya, keberhasilan Kementerian Perdagangan (Kemendag) tersebut merupakan kabar baik di tengah upaya pemerintah Indonesia melawan krisis akibat dampak Covid-19.

“Kita apresiasi keberhasilan Kemendag ini, kita tahu pertumbuhan ekonomi Indonesia sempat minus karena terdampak Covid-19, dan keberhasilan Kemendag mencatat nilai ekspor tertinggi dalam sejarah, serta surplus perdagangan yang terus berlanjut merupakan kabar baik dan harapan bagi kebangkitan ekonomi Indonesia yang sempat anjlok,” ujar H Firmandez.

Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh ini berharap, keberhasilan Mendag Muhammad Lutfi dalam menggawangi Kemendag bisa terus berlanjut, apa lagi dunia industri dalam negeri juga mulai bangkit setelah sebelumnya sempat lesu akibat pandemi.

Sebagaimana diketahui, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, neraca perdagangan barang pada kuartal pertama 2021 surplus US$ 5,52 miliar, naik 17,11% dibandingkan dengan surplus kuartal pertama 2020 yang pada saat itu tercatat US$ 2,59 miliar. Surplus tersebut disokong oleh kinerja ekspor dan impor yang meningkat.

“Jadi, kalau kita melihat data BPS, roda perekonomian Indonesia sudah kembali bergerak. Ini tentunya juga sejalan dengan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang dilakukan oleh pemerintah dengan berbagai stimulusnya,” tambah H Firmandez.

Wakil Ketua DPP Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (Ardindo) ini menambahkan, keberhasilan Kemendag tersebut harus menjadi pemicu dan dorongan bagi lembaga dan kementerian lainnya dalam bekerja untuk menunjang percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here