Saturday, June 25, 2022

Cegah Korupsi di Kalangan Pengusaha, KADIN Kerja Sama dengan KPK

JAKARTA – Untuk mencegah terjadinya korupsi di kalangan pengusaha, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) melakukan kerja sama dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KADIN juga akan melakukan sosialisasi hukum kepada para pengusaha di daerah.

Wakil Kepala Hubungan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dengan Kementerian Pertahanan, H Firmandez, Senin, 13 Desember 2021 menjelaskan, pendatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara KADIN dengan KPK telah dilakukan pada 25 November 2021 lalu di Jakarta.

Kerja sama dengan KPK tersebut tambah H Firmandez merupakan upaya KADIN melalui Badan Hubungan KADIN dengan Polhukam untuk pencegahan korupsi di kalangan pengusaha.

Badan yang diketuai oleh Bambang Soesatyo itu tidak hanya bekerja sama dengan KPK saja tapi juga dengan Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Kejaksaan, Kementerian Pertahanan, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Intelijen Strategis (BAIS), Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

“Kerja sama dengan KPK ini merupakan upaya untuk pencegahan korupsi. Ke depan nantinya juga akan ada Focus Group Discussion (FGD) hingga ke daerah-daerah, serta sosialisasi hukum bagi anggota KADIN agar memahami koridor hukum bisnis,” jelas H Firmandez.

Sekretaris Jenderal (Sekdjen) Asosiasi Perusahaan Pertambangan Daerah (Aspperda) ini menambahkan, kerja sama dengan KPK penting untuk adanya kepastian hukum bagi para pengusaha. KPK bisa memberikan masukan terhadap para pengusaha agar terhindar dari celah korupsi.

“Kita berharap kerja sama KADIN dengan KPK ini bisa menutup celah penyelewengan, karena dunia usaha rawan korupsi, baik itu dalam bentuk grafitasi, suap maupun pemerasan. Jadi dengan adanya kerja sama ini kita berharap para pengusa bisa terhindar dari celah-celah itu,” pungkas H Firmandez yang juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) tersebut.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here