Sunday, October 24, 2021

Dir JP Energy: LNG Bahan Bakar Kenderaan Masa Depan

BANDA ACEH – Negara-negara di Eropa sudah menggunakan Liquified Natural Gas (LNG) sebagai bahan bakar kenderaan murah dan ramah lingkungan. Konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) merupakan langkah tepat untuk penggunaan LNG, sejalan dengan Perpres No.5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional (KEN).

Jay Peng Indonesia/JP Energy bekerja sama dengan One Global Sinergy Group Indonesia yang berkantor pusat di Dubai siap mendukung hal tersebut.

Direktur JP Energy, Irwanto menjelaskan, LNG bisa digunakan untuk seluruh sektor, mulai dari sektor industry, pembangkit listrik, transportasi, hingga rumah tangga.

“Ini juga sejalan dengan upaya pemerintah mengkonversi BBM ke BBG, sehigga bisa mengurangi beban fiscal, meningkatkan ketahanan energi, serta mengendalikan lingkugan dari polusi udara,” jelas Irwanto.

Irwanto menambahkan, pemanfaatan LNG/BBG untuk sektor transportasi bisa didorong sesuai ketersediaan gas dan percepatan pembangunan infrastrukturnya. Pemeritah telah mencanangkan konversi BBM ke BBG sejak tahun 2007 lalu, tapi karena tidak tersedianya infrastruktur hingga sekarang realisasi tidak sesuai target.

“Penggunaan LNG sebagai bahan bakar kenderaan juga akan mengurangi emisi. Kami dari Jay Peng Energy siap menjadi bagian dari perubahan ini. Kami percaya bahwa gas alam harus menjadi bagian yang lebih besar dari transportasi. Penggunaan LNG akan lebih hemat dibandingkan dengan diesel,” tambah Irwanto.

Masih menurut Irwanto, pembakaran LNG dalam mesin dengan penyalaan percikan lebih tenang dari pada pembaaran diesel dalam mesin. Truk berbahan bakan LNG dapat beroperasi lebih lama di bawah batas kebisingan.

“Penggunaan LNG sebagai bahan bakar alternative untuk truk sudah diaplikasikan secara massif di Eropa, Amerika dan China. Manufaktur truk yang telah memproduksi teknologi ini juga cukup banyak seperti Scania, Volvo, Iveco, Isuzu, Faw, dan Shacman,” pungkas Irwanto.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here