Saturday, September 24, 2022

Doni Monardo Juga Layak Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari USK

BANDA ACEH – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Doni Monardo dilinai juga layak mendapat gegal doktor kehormatan atau doktor honoris causa dari Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh. Pasalnya jenderal bintang tiga itu juga banyak berbuat untuk Aceh.

Hal itu disampaikan mantan Koordinator Tim Pemantau Otonomi Khusus (Otsus) Aceh, Papua, dan Keistimewaan Yogyakarta, H Firmandez, Minggu, 28 Maret 2021 menanggapi pemberian gelar doctor honorius causa bidang lingkungan untuk Doni Monardo dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sehari sebelumnya.

Menurut H Firmandez, ayah Doni Monardo Letkol CPM Nasrul Saad pernah bertugas di Aceh, karena itu masa kecil pria kelahiran 10 Mei 1963 itu dilalui di Aceh. Kemudian setelah menjadi perwira TNI pun Doni Monardo kemudian juga bertugas di Aceh.

“Pak Doni Monardo itu sekolah SMP-nya di Kota Lhokseumawe, sementara SMA di Padang. Beliau punya ketertarikan dengan Aceh. Malah pada tahun 2005 sampai dengan 2006 ditugaskan lagi ke Aceh. Kita tahun tahun itu merupakan tahun-tahun suramnya Aceh karena musibah maha dahsyar gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004. Pak Doni Monardo ikut berperan dalam masa rekonstruksi dan rehabilitasi Aceh pasca tsunami,” ungkap H Firmandez.

Mantan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Aceh ini menambahkan, setelah bertugas di Aceh Doni Monardo juga dikenal di Makassar karena kesuksesannya dalam membuat program penghijauan kawasan tandus. Setelah sukses di Aceh dan Makassar kemudian Doni Monardo kembali ke Jakarta menjadi Komandan Group A Pasukan Pengamanan Presiden.

“Beliau sangat layak mendapat itu gelar doktor honoris causa dari IPT itu karena rekam jejaknya di bidang penyelamatan lingkungan dan sumber daya alam sangat jelas. Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh saya rasa perlu juga mempertimbangkan hal tersebut,” tambah H Firmandez.

Sebagaimana diketahui pemberian doktor honoris causa ini kepada Doni Monardo dilakukan berdasarkan Surat Keputusan senat akademik Institut Pertanian Bogor Nomor 21/IT3.SH/PT/2020 tentang Persetujuan Pemberian Gelar Doktor Kehormatan Doktor Honoris Causa. Pertimbangannya, Doni Monardo dinilai telah berperan banyak dalam melestarikan lingkungan dan ekosistem di Indonesia. []

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here