Wednesday, December 1, 2021

Dua Sungai di Jambi Tercemar Limbah Industri Kertas

Dua sungai di Provinsi Jambi tercemar, masyarakat sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) kehilangan mata pencaharian. Komisi IV DPR RI akan menindaklanjuti temuan tersebut.

WOINEWS.ID, JAMBI – Komisi IV DPR RI dan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Jambi menelusuri dua sungai tersebut yang tercemar di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Desa Kelagian. Kedua sungai itu adalah Sungai Pengabuan dan Sungai Kelagian.

Anggota Komisi IV DPR RI, TA Khalid yang ikut dalam rombongan penelusuran sungai, mengatakan, dua sungai ini diduga tercemar limbah industri kertas yang ada di sekitar sungai.

“Ternyata setelah kita lihat memang Sungai Pengabuan dan Sungai Kelagian sudah sangat tercemar. Nampak sekali air yang tercemar itu menjadi dua warna yang berbeda,” ungkap TA Khalid, Sabtu, 5 Desember 2020.

Politisi Gerindra asal Aceh tersebut menegaskan, Komisi IV DPR RI sangat serius ingin menindaklanjuti temuan ini. Bersama Dinas LHK Jambi, Komisi IV telah menyusuri dua sungai ini dan mengambil contoh airnya. Di hilir Sungai Kelagian, airnya memang nampak hitam dengan bau amoniak yang menyengat. Menggunakan perahu klotok, setiap sisi sungai ditelusuri. “Tindakan kita sangat serius. Komisi IV dan Dinas LHK ingin menindaklanjuti terhadap pencemaran yang sangat luar biasa ini,” tegasnya.

Sementara mengomemtari kerugian masyarakat setempat yang sudah kehilangan mata pencahariannya sebagai nelayan, TA Khalid mengimbau masyarakat untuk bersabar. Tindak lanjut temuan ini semoga akan mengubah wajah sungai menjadi lebih baik kelak. “Harus ada solusi segera, sehingga masyarakat sungai yang selama ini tak bisa menangkap ikan, bisa memanfaatkan sungai kembali,” ujar legislator asal Aceh itu.[*]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here