Monday, November 28, 2022

Holdingisasi Bank Pemerintah Akan Beri Dampak Positif Bagi UMKM

Woinews.id, JAKARTA – Wacana pemerintah melakukan holdinisasi PT Pegadaian dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) diharapkan bisa memberi dampak positif bagi pembiayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) menyambut baik rencana pemerintah tersebut. Dukungan itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) HIPSI, H Firmandez, Minggu, 6 Desember 2020.

“Kita sambut baik wacana holdingisasi ini sebagai wujud sinergitas lembaga keuangan milik pemerintah, holdingisasi akan membuat lebih efektif san efesien. Kita dorong pemerintah bersama DPR untuk mewujudkannya,” ujar H Firmandez.

H Firmandez menabahkan, holdingisasi juga akan memberi dampak positif dan kekuatan bagi BRI sebagai bank milik pemerintah dalam menjalankan peran intermediasinya, terutama dalam mendongkrak pertumbuhan UMKM dalam negeri.

Selain itu holdingisasi juga akan sangat membantu UMKM karena bisa mendapatkan pinjaman modal dengan bunga rendah, sehingga pertumbuhan UMKM menjadi lebih baik dan bisa membuka lapangan kerja baru.

“Ini merupakan peluang bagi pelaku UMKM, holdingisasi ini akan berdampak pada terbukanya lapangan kerja baru dari sektor UMKM itu sendiri, sehingga bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan. Tahun 2018 saja UMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 129 juta orang,” tambah H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez, saat ini pemerintah memiliki 115 Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN) dengan pembentukan perusahaan induk atau holding BUMN yang bergerak dalam bidang yang sama, akan lebih efektif dan efesien.

Sebagaimana diketahui, pemerintahan berencana membentuk enam perusahaan holding BUMN. Holding tersebut akan bergerak di bidang keuangan, energi, pertambangan, konstruksi/karya, perumahan, serta pangan.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here