Saturday, June 25, 2022

Kebijakan Stop Ekspor Batubara Akan Pengaruhi Investasi

JAKARTA – Kebijakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara yang menyetop ekpor batubara selama sebulan dinilai akan mempengaruhi investasi di bidang pertambangan batubara.

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekdjen) Asosiasi Perusahaan Pertambangan Daerah (Aspperda) H Firmandez, Minggu, 2 Januari 2022. Ia meminta agar pemerintah seharusnya mengambil kebijakan yang konsisten dalam urusan bisnis, apa lagi banyak perusahaan pertambangan yang terikat kontrak dengan luar negeri.

“Ini akan mempengaruhi investasi, sementara para pengusaha pertambangan butuh kepastian berusaha. Kita bukan tidak mendukung kebijakan pemerintah, tapi pemerintah juga perlu mempertimbangkan dari sisi pengusahanya, harus ada solusi yang baik,” ujarnya.

Wakil Kepala Badan Hubungan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dengan Kementerian Pertahanan ini menambahkan, para pelaku usaha juga merupakan mitra strategis pemerintah dalam upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19, karena itu juga harus diperhatikan, karena stop ekspor batubara tersebut akan sangat berpengaruh terhadap industri pertambangan.

“Stop ekspor batubara akan menyebabkan pemerintah kehilangan devisa hasil ekpor batubara. Keberlangsungan bisnis produsen batubara juga akan terganggu. Pemerintah seharusnya tidak pukul rata, cukup menindak perusahaan-perusahaan yang dinilai tidak patuh saja,” nilai Wakil Ketua Dewan Pimpina Pusat (DPP) Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (Ardindo) tersebut.

H Firmandez juga berharap agar pemerintah mempermudah persyaratan dan memberi kesempatan kepada pengusaha pertambangan batubara skala kecil dan menengah yang bukan eksportir untuk mensuplay batubara ke PLN dan Independent Power Producer (IPP) agar mereka bisa tumbuh berkembang. “Beri mereka kesempatan dengan persyaratan yang tidak memberatkan, sehingga mereka juga bisa mengambil peran,” pungkasnya.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here