Thursday, November 24, 2022

Pengembangan Kawasan Industri Rebana Harus Berorientasi Ekspor

WOINEWS.ID, BANDUNG – Pembangungan kawasan industri metropolitian segi tiga Cirebon, Patimban dan Kertajati (Rebana) harus berorientasi ekspor, agar bisa menjadi pendongkrak pembangunan ekonomi, tidak hanya untuk Jawa Barat tapi juga secara nasional.

Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) menyambut baik dan sangat mendukung rencana pembangunan 13 kota industri baru di kawasan segi tiga Rebana, hal itu akan menjadi penghela pembangunan ekonomi dan menyerap tenaga kerja.

“Pembangunan 13 kota insdustri baru di kawasan itu haruslah berorientasi ekspor. Tapi tentunya juga produk yang dihasilkan hanya punya daya saing tinggi, infrastruktur pendukungnya juga harus diperhatikan dengan baik,” ujar Ketua Umum
Dewan Pimpinan Nasional (Depinas) Himpunan Pengusaha Swadiri Indonesia (HIPSI) H Firmandez, Rabu, 13 Januari 2021.

Selain itu tambah H Firmandez, konektivitas atar kawasan juga harus benar-benar disiapkan dengan baik, mulai dari penyempurnaan infrastruktur pelabuhan Patimban, hingga memaksialkan fungsi bandar udara (Bandara) Kertajati, terutama kapasitas terminal kargo.

Wakil Ketua DPP Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (Ardindo) ini menambahkan, untuk memaksimalkan segiti Rebana itu, pihaknya sangat dukung upaya pemerintah, dalam hal ini pemerintah Jawa Barat dan Pemerintah Pusat terkait pembentukan Badan Otoritas Pengelola Rebana, sehingga nanti sesuatunya menjadi lebih mudah.

“Antara Pelabuhan Patimban dan Bandara Kertajati itu harus terintegrasi dengan baik menjadi rantai logistic industri, sehingga adanya sinergi pengembangan kawasan industri untuk menggerakkan perumbuhan ekonomi,” tambah H Firmandez.

Sebagaimana diketahui, kawasan segitiga Rebana memiliki wilayah yang luas terdiri dari Kabupaten Cirebon dengan luas 1.072,29 km persegi, Kabupaten Subang 2.051,76 km persegi, dan Kabupaten Majalengka 1.204,24 km persegi. Jika digabungkan, total luas Segitiga Rebana mencapai 4.328,29 km persegi. Kawasan ini sangat potensial untuk dikembangkan menjadi beberapa kawasan industri yang terkoneksi.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here