Saturday, October 23, 2021

Peremajaan Alutsista Perlu Libatkan BUMN

JAKARTA – Peremajaan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) perlu melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pasca tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402, BUMN produsen Alutsista harus didorong untuk meningkatkan kualitas produksi.

Hal itu disampaikan mantan anggota Komisi I DPR RI, H Firmandez, menurunya, lima BUMN alutsista yaitu PT Dirgantara Indonesia, PT PAL, PT Len Industri, PT Pindad, dan PT Dahana harus dikembangkan untuk mendukung pertahanan negara.

“Untuk itu tentu harus keberpihakan anggaran, tahun ini, dari alokasi APBN untuk Kementerian Pertahanan sebesar Rp137,2 triliun, hanya Rp42,65 triliun, tapi yang dialkokasikan untuk peremajaan alutsista masih kecil,” jelas mantan anggota tim pengawas Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut, Rabu, 26 Mei 2021.

H Firmandez menambahkan, pelibatan BUMN tersebut juga akan mendorong tercapainya kemandirian dalam pemenuhan kebutuhan alat pertahanan keamanan. Kemajuan dan kemandirian industri pertahanan nasional sangat penting, sehingga Indonesia bisa mengurangi impor Alutsita.

“Indonesia punya potensi untuk memiliki industri pertahanan yang maju. Pasal 3 Undang-Undang Nomor 16 tahun 2012 menekankan bahwa penyelenggaraan industri pertahanan bertujuan untuk mewujudkan kemandirian pemenuhan alat pertahanan keamanan dan meningkatkan kemampuan produksi Alutsista,” tambah H Firmandez.

Selain itu kata H Firmandez pengembangan industri pertahanan ke depan juga harus berorientasi pada penggunaan teknologi informasi dan cyber teknologi sesuai kemajuan zaman, serta sesuai dengan kebutuhan dan rencana induk untuk pertananan nasional jangka panjang.

“Modernisasi Alutsista itu mutlak dilakukan sesuai perkembangan zaman. Harus ada keberpihakan anggaran terhadap pertahanan, perlu melibatkan BUMN sehingga industi bidang pertahanan bisa berkembang, dan ketergantungan pada impor bisa dikurangi,” pungkas Ketua Umum Pusat Pengendalian (Pusdal) Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI) bagi Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Amin tersebut.[]

TERBARU

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here